SEJARAH DESA LICIN

  24 Maret 2017  |  DESA LICIN

Pada tahun + 1925 di wilayah Kabupaten Banyuwangi bagian barat, tepatnya di kaki Gunung Ijen disana terdapat suatu dataran tinggi yang subur dengan suhu udara yang cukup sejuk sehingga menarik pengembara untuk melakukan pembukaan hutan untuk dijadikan sebagai ladang/ladang pertanian dan tempat tinggal yang saat itu membutuhkan tempat untuk beristirahat dan bercocok tanam. Dari tahun ke tahun jumlah pengembara yang datang ke daerah tersebut semakin bertambah banyak termasuk salah satunya adalah suku madura. Pembukaan hutan tersebut menjadi semakin luas sehingga lama kelamaan daerah tersebut menjadi sebuah perkampungan penduduk yang cukup ramai dan penghidupannya cukup makmur.

Daerah tersebut termasuk daerah yang subur dan curah hujannya cukup tinggi sehingga banyak hasil bumi yang dihasilkan diantaranya padi, palawija dan rempah - rempah sehingga menarik bagi bangsa asing yaitu Belanda untuk manjajah dan menguasai pemukiman penduduk tersebut.

Pada masa penjajahan Belanda, mereka membangun tangsi (Markas pertahanan dan pemukiman bagi bangsa Belanda ). Penduduk di kaki Gunung Ijen tersebut banyak yang menanam kedelai, yang bahasa Belandanya “ Lici “. Mungkin karena banyak tanaman kedelai itulah kemudian nama ”Lici “ lama kelamaan berubah menjadi “ Licin “. Atau mungkin juga nama Licin berasal dari bahasa Madura “ Letjen “ karena didaerah ini curah hujannya cukup tinggi kalau turun musim penghujan hampir tiap hari turun hujan terus menerus, sehingga jalan yang saat itu masih jalan setapak menjadi becek dan licin. Dan saat itu orang Madura tersebut terpeleset dan jatuh. Hal ini terjadi berulang - ulang, sehingga orang Madura tersebut jengkel dan marah sambil menyebut kata “ Letjen “ berkali - kali. Yang pada akhirnya penduduk sekitar kaki Gunung Ijen tersebut sepakat menamakan daerahnya Litjin. Demikian seterusnya sehingga akhirnya para tokoh - tokoh masyarakat pada waktu itu (H. Umar dan sesepuh masyarakat ) berkumpul untuk bermusyawarah dan menamai daerah tersebut Litjin menjadi nama desa.

Contact Details

  Alamat :   Jalan Raya Lijen No. 11 Licin
  Email : pemdeslicin11bwi@gmail.com
  Telp. : 081230876500
  Instagram : pemdes_licin
  Facebook : Pemdes Licin
  Twitter : @LicinBwi


© 2019,   Web Desa Kabupaten Banyuwangi