CARE FREE DAY BUMDESA DELIMA MINGGU INI

  10 April 2017  |  DESA LICIN

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Meski jauh dari perkotaan, acara Car Free Day yang digelar masyarakat Desa Licin, Kecamatan Licin, Banyuwangi, terbilang sukses besar. Ratusan warga membanjiri lokasi acara.

“Peserta yang ikut senam sekitar 500 orang. Terdiri dari warga Desa Licin dan warga desa sekitar. Selain itu, ratusan pelajar juga turut serta,” ungkap Ketua penyelenggara Car Free Day Desa Licin, Asmad Sugianto, kepada TIMES Indonesia, Minggu Pagi (9/4/2017).

Saat ditanya mengenai penyandang dana kegiatan, Asmad menyebut bahwa Car Free Day Desa Licin didanai secara swadaya. Iuran suka rela dari seluruh masyarakat setempat. Biaya yang dikeluarkan juga tidak mahal. Karena panitia hanya perlu menutup jalan desa. Untuk kegiatan bisa dilakukan sendiri-sendiri oleh warga.

Dari pantauan TIMES Indonesia, Car Free Day Desa Licin, diawali dengan senam bersama. Setelah itu, pengunjung bebas melakukan apapun. Ada yang mengajak balita belajar berjalan, ada yang bermain sepatu roda, ngobrol dan lainnya.

Asmad menambahkan Car Free Day didesanya dibuat untuk memberi ruang kreativitas dan memfasilitasi kegiatan warga. Apalagi desa yang terletak di kaki Gunung Ijen itu memang tidak memiliki ruang terbuka yang memadai. Disisi lain, masyarakat setempat juga membutuhkan tempat untuk berkreasi.

“Ide tersebut muncul dari para pemuda. Agar berdampak cepat terhadap perekonomian, Car Free Day kami tempatkan di jalan Pasar Licin yang selama ini kembang kempis alias sepi,” pungkasnya.

Sementara itu Kepala Desa Licin, Sugiono, menambahkan, Car Free Day akan terus digelar setiap hari Minggu pagi. Sedangkan di malam Minggunya, akan rutin digelar bazar bertajuk Sabtu Malam Bazar (Tumbaz) ditempat yang sama.

Contact Details

  Alamat :   Jalan Raya Lijen No. 11 Licin
  Email : pemdeslicin11bwi@gmail.com
  Telp. : 081230876500
  Instagram : pemdes_licin
  Facebook : Pemdes Licin
  Twitter : @LicinBwi


© 2019,   Web Desa Kabupaten Banyuwangi